Posted in Belajar

Cara menjadi orang IT

Jika saat ini Anda kuliah atau bekerja di bidang IT, saya memiliki saran dan permenungan dari pengalaman pribadi saya tentang bagaimana caranya menjadi orang IT:

1.Milikilah komitmen, dedikasi, dan kemauan keras untuk terus belajar. Internet dan dunia open source dibentuk oleh orang-orang dengan sifat-sifat tersebut.

2.Milikilah cinta dan hasrat untuk membuat dunia jadi lebih baik. Kebesaran komunitas open source adalah karena kumpulan orang-orang yang mau membagikan cinta dan kemampuannya untuk dunia dan orang lain.

3.Tahan banting. Jangan mudah menyerah pada keadaan dan situasi buruk. Ibarat komputer dan sistem operasi, maka Anda harus siap-siap dengan security, firewall, anti virus, dan menggunakan Linux sebagai sistem operasinya.

4.Setiap kesulitan dan permasalahan yang Anda temui, usahakanlah untuk sedapat mungkin Anda cari solusinya sendiri. Gunakanlah sedikit logika dan kecerdasan yang diberikan Tuhan kepada kita.

5.Bersikap rendah hati. Jika sebagian orang di tempat kerja Anda menganggap Anda adalah “komputer berjalan”, Anda patut bangga, tetapi Anda harus mau terus terbuka dan menerima kritik dari orang lain. Anda juga harus bersikap bagaimana anggapan mereka itu membuat Anda dapat memberikan manfaat atas keberadaan Anda.

6.Upgrade terus kemampuan Anda. Ikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia Anda. Karena kemampuan Anda saat ini akan menjadi tidak berarti untuk tahun depan jika Anda tidak pernah mengasah dan mengolahnya.

7.Berani bekerja tanpa dukungan dan bekerja sendiri. Seringkali Anda harus berani melakukan penelitian dan memutuskan suatu hal sendirian, pupuklah keberanian itu.

8.Berikan yang terbaik untuk user Anda. Kebaikan Anda akan menjadi cerita indah untuk dikenang, sekaligus motivasi untuk Anda.

9.Sharing dan ceritakanlah pengalaman dan kemampuan Anda kepada sesama orang IT. Cerita Anda akan menjadi inspirasi untuk mereka. Jangan menjadi jago kandang, biarkanlah dunia yang menilai Anda.

10.Berterimakasihlah kepada orang-orang yang sudah membantu Anda selama ini. Hormati dan doakan mereka semoga mereka berhasil dalam hidup dan berbahagia. Hal ini akan dilakukan juga untuk Anda oleh mereka-mereka yang telah Anda bantu.

11.Percayakan bahwa Tuhan berkarya dalam diri Anda. Jangan sia-siakan kemampuan dan keahlian yang diberikanNya kepada kita. Serahkan usaha dan kerja keras Anda kepada Tuhan. Menjadi orang yang baik dan berguna untuk orang lain dalam bidang IT merupakan panggilan hidup Anda untuk memuliakan namaNya.
Jika Anda belum dan tidak memiliki hal-hal di atas, lihatlah ke dalam diri Anda… Ada sesuatu yang sangat jelas di sana. Tentang panggilan hidup Anda.
bahwa dalam hidup, manusia diberi tugas untuk menjadi suatu yang sangat jelas, yaitu menjadi yang baik dalam porsinya masing-masing (sebagai warga negara, masyarakat, agama, dan keluarga)

Dari Mas Budi….. ^_^

Author:

Teman yang baik, teman yang memaksa anda untuk terus berkembang...

2 thoughts on “Cara menjadi orang IT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s